Pawon edisi #50 tahun X/2017



Yang Tak Mungkin Lelah


Acara Horison dari Masa ke Masa mungkin satu dari acara Pawon yang akan  terus diingat. Saat itu salah satu pembicara menceritakan alasan-alasan kenapa Horison harus tutup. Awalnya ia menyebutkan banyak sebab, terutama penjualan yang terus turun. Banyak peserta –yang beberapa di antaranya datang dari luar kota- tak sekadar memberi testimoni, mereka tetap tak bisa menerima. Bahkan seorang peserta membuat hitungan sederhana tentang penjualan Horison yang menurutnya tetap bisa balik modal. Di saat seperti itulah, pembicara menambahi jawabannya, kalau ia dan kawan-kawan redaksi lainnya sebenarnya telah lelah.
Bagi kami, alasan lelah tentu bisa diterima, walau tetap saja itu menyisakan banyak pertanyaan. Tapi kita tahu, seorang penulis akan menghentikan tulisannya bila ia merasa lelah. Tentu ia bisa memaksa tetap menulis, namun hasilnya tentu akan berbeda.
Kami berharap Pawon tak ada dalam posisi seperti itu. Sejak 3-4 tahun lalu sudah dirancang program Diskusi Kecil untuk menjadi jembatan. Tapi karena beberapa di antaranya harus pindah, rencana panjang itu perlahan terbengkalai.
Kini beberapa tahun lewat, Pawon kembali mencoba mendirikan jembatan itu. Seluruh tugas keredaksian dilimpahkan pada kawan-kawan muda yang sedang semangat-semangatnya. Setidaknya semangat mereka membuat Pawon edisi kali ini menjadi edisi buletin yang paling tebal.
Tentu kami sadar, beberapa dari mereka mungkin akan meninggalkan Solo di waktu-waktu yang akan datang, dan kembali mengosongkan ruang. Tapi setidaknya, jejak hari ini sudah dibuat dengan manis.


Para Pengepul 
Cerpen Bunga Hening Maulidina   Puisi Aji Ramadhan
Kisah Buku The Arnaix Le   Layar Kata Liswindio Apendicaesar
Esai & Wawancara Rizka Nur Laily Muallifa  

naskah bisa dikirim melalui pawonsastra@yahoo.co.id

Redaksi Bandung Mawardi, Puitri Hati Ningsih, Indah Darmastuti, Fanny Chotimah,
Yunanto Sutyastomo, Serunie Unie, Ngadiyo, Impian Nopitasari, Yudhi Herwibowo
Bunga Hening, Rizka Nur Muallifa, Thea Arnais Le, Aji Ramadhan, Liswindio Apendicaesar
Desain Cover  Aji Ramadhan
Alamat Vila Bukit Cemara No. 1 Mojosongo Solo 57127
Kontak 08122640769

Share:

0 komentar